Saturday, September 30, 2017

Patung Kwan Im


Salah satu destinasi wisata religi di Pulau Batam adalah patung Dewi Kwan Im yang berlokasi di KTM Resort Tanjungpinggir, Sekupang. Selain sebagai tempat ibadah bagi umat Budha, patung Dewi Kwan Im ini telah menjadi salah satu magnet pariwisata di Kota Batam. Keberadaan patung setinggi lebih kurang 26 meter tersebut semakin menyempurnakan keindahan KTM Resort yang menghadap langsung ke Singapura tersebut.

Patung Dewi Kwan Im, KTM Resort Batam


Pengunjung KTM Resort dan orang yang sembahyang di Patung Dewi Kwan Im Tanjungpinggir ini tidak hanya dari Batam dan kota lain di tanah air tapi juga dari negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Cina dan lainnya. Bahkan pengunjung pada hari-hari tertentu di dominasi oleh turis mancanegara. 

Pada hari-hari tertentu, patung Dewi Kwan Im menjadi salah satu pusat etnis Tionghoa untuk melakukan sembahyang. Yang biasanya dilaksanakan setiap bulan 2, 6 dan 9 penanggalan kalender Cina. Atau sekitar bulan Maret, Juli dan Oktober.

Tidak hanya warga Batam dan sekitarnya, pesona patung Dewi Kwan Im juga menarik kunjungan warga Jakarta ataupun negara tetangga, Singapura dan Malaysia. Kedatangannya terkadang juga membawa serta keluarga dan anak-anak untuk memberikan persembahan seperti buah apel, jeruk mandarin, kue dan air berkah yang diharapkan dapat berdampak pada kelancaran rezeki keluarga.

Sebagai tempat sembahyang, di sekitar lokasi patung Dewi Kwan Im juga terdapat vihara dan klenteng. Tempat ini biasa juga ramai pengunjung saat perayaan Imlek atau tahun baru Cina.

Sebagaimana pada perayaan Imlek tahun-tahun lalu, vihara dan klenteng di dekat patung Dewi Kwan Im KTM Resort ini menjadi salah satu tempat melakukan sembahyang etnis Tionghoa beragama Budha. Selain beribadah, momen ini juga menjadi perjalanan wisata yang terdapat di area KTM Resort. Berbagai sajian berupa jeruk, kue keranjang, dan dupa diletakan di depan patung Dewi Kwan Im. Satu-persatu mereka bergantian melakukan ritual atau sembahyang di depan patung tersebut. 

Patung Dewi Kwan Im ini dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), 5 November 2008 sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia. Patung dengan tinggi 22,37 meter dan berat 112 ton ini, tingginya melebihi patung Dewi Kwan Im yang telah ada sebelumnya di Pematang Siantar, Sumatera Utara setinggi 19,8 meter.

Patung yang terbuat dari rangka beton yang dicor dan pembuatannya menghabiskan waktu delapan bulan tersebut, dicatat dalam piagam nomor 3959/MURI/IX/2008. Piagam diserahkan oleh manager MURI, J. Ngadri kepada pemilik KTM resort, Koh Tiet Meng. 

Popular Posts